Halaman

Tuesday, November 14, 2017

Pengalaman Makan Anggur Black Saphire - Rasanya Begini..

Beberapa hari yang lalu saya penasaran dengan anggur black saphire (black saphire grape). Setahu saya, anggur ini hanya ada di toko buah Duta Buah. Atau mungkin toko buah besar lainnya, tapi saya tidak tahu apakah di toko buah lain memang ada atau tidak, karena saya tidak ke toko buah lain. Beberapa kali saya ke duta buah, belanja buah lain, namun kali ini saya benar-benar penasaran dengan nama anggur yang satu ini, Black Saphire.

anggur-black-saphire-duta-buah

Anggur ini terlihat panjang bulat seperti jari tangan kelingking, warna luarnya "dark purple" hampir bear-banar hitam.
Telusur punya telusur, anggur ini paling banyak ditanam di daerah Australia, meski asal aslinya dari Peru. Kemudian dari Australia di eksport ke china dan ke negara-negara asia lainnya seperti di indonesia. Anggur black saphire ini berbuah dengan panenan pada bulan februari-maret.

Rasa anggur black saphire manis agak sepet, (sepat = rasa seperti terdapat pada bauh saak liar, sawo setengah matang, dll), berbeda dengan anggur biasa yang umum tersedia di pasaran, namun sebenarnya cukup enak pada saat dimakan dingin. Warna daging buahnya terlihat putih sedikit keabu-abuan. Sedangkan warna kulit buahnya dark purple (ungu gelap hampir hitam). Anggur ini merupakan jenis anggur tidak berbiji, jadi sangat kentara rasa enak dan segarnya, tidak seperti anggur biasa saat dikunyah pasti bijinya ikut kegigit. Jadi rasa daging buahnyanya benar-benar fokus saat menyentuh lidah.

pengalaman-makan-anggur-black-saphire-duta-buah

Saat digigit anggur black saphire ini cukup crispy, dan secara psikologis ingin selalu menggigit butiran lainnya. Jika kamu melihat bentuknya pasti akan penasaran dan niat sekali ingin mencobanya. Karena sayapun awalnya begitu. Hanya saja harganya termasuk mahal untuk ukuran katong saya. Hanya karena penasaran saya akhirnya beli. Eh.. malah ketagihan.

Oh ya setelah saya telusuri, anggur jenis black saphire ini ada varian tumpul, ada juga varian yang ujungnya runcing. Seperti terlihat pada gambar atas dan bawah.

anggur-black-saphire

Anggur saphire dikenal juga dengan anggur sweet saphire. Sebenarnya bukan hanya dark purple saja, ada juga anggur sweet saphire multicolor. Kalau anggur yang banyak warnanya begini terus terang saya juga belum pernah mencobanya. Pastinya, hargannya akan jauh lebih mahal.

anggur-saphire-multicolor


Penasaran silahkan cari di toko buah paling lengkap di sekitar kamu?

No comments:

Post a Comment