Halaman

Sunday, October 8, 2017

Pengalaman Bikin Susu Kedelai Sendiri - Nikmat, Segar, dan Murah

Susu kedelai merupakan minuman segar dan sehat bagi siapapun yang mengkonsumsinya. Sebenarnya cara membuat susu kedelai itu mudah. Namun kalau bicara enak, nikmat, gurih, dan segar, itu tidak semua orang bisa menghasilkan kreasi yang sama. Bicara kreasi makanan/atau minuman itu "tanganan", meski bisa sama-sama membuat namun soal rasa pasti berbeda. Namun, kesamaan rasa bisa ditiru meski tidak sempurna sama.

Rasa itu soal komposisi dan proses. Jika prosesnya beda rasanya juga beda. Jika prosesnya salah rasanyapun rusak. Apalagi jika bahannya tidak sama, baik jenisnya ataupun takarannya.

Simak di sini ya agar anda bisa membuat susu kedelai dengan sempurna

Melalui blog #PengalamanMakan ini, saya mau berbagi tips bagimana cara bikin susu kedelai yang enak, kental, dan segar. Tidak susah untuk ditiru, dan bisa anda paktekkan sendiri, di rumah.

cara-membuat-susu-kedelai

Bahan yang diperlukan tentu kedelai berkualitas bagus. Tidak banyak cacat/hitam. Bentuknya bulat sama besar. Ini bisa anda beli di toko retail seperti hypermart, superindo, atuapun di toko khusu kedelai. Namun jika anda malas, cari aja di warung sebelah. Tentu kualitas di warung biasa dan di toko retail kualitasnya berbeda.

Berikut lebih lengkapnya alat dan bahan yang dibutuh untuk membuat susu kedelai di rumah :

  • Blender dan tempat/wadah seperti panci baskom, saringan (stainless atau kain)
  • Kacang kedelai
  • Vanila atau daun pandan sebagai pewangi.



cara-bikin-sus-kedelai-yang-enak


Untuk prosesnya kamu bisa perhatikan di bawah ini:

  1. Siapkan kedelai kira-kira 0.5 ~ 1 kg
  2. Cuci kedelai beberapa kali hingga benar-benar bersih.
  3. Rendam kedelai dengan air panas, dan biarkan selama 8-10 jam.
  4. Setelah direndam, tiriskan kedelai, dan blender, campurkan air saat memblender, sesuai dengan kekentalan yang diinginkan. Memblender kedelainya bisa diulang-ulang hingga benar-benar bersih sari kedelainya.
  5. Saring kedelainya.
  6. Setelah jadi susu kedelai mentah, kemudian direbus hinga matang sambil terus diaduk-aduk. Diaduk terus menerus saar direbus supaya susu kedelainya jadi kasar.
  7. Sembari direbus tambahkan gula, daun pandan / vanila.
  8. Selesai matang siap dicoba.

tips-cara-mengolah-kedelai-menjadi-susu

Jika anda sudah mahir membuat kedelai untuk konsumsi sendiri, bisa jadi produk susu kedelai yang anda buat tersebut bisa dijadikan peluang usaha.

Namun untuk skala usaha sebaiknya anda menggunakan mesin susu kedelai, karena lebih cepat produksinya dan lebih mudah. Harganya pun bervariasi dari yang 1,5 jutaan hingga 5 jutaan, bahkan ada yang 20 jutaan. Tergantung kondisi keuangan anda.

Kalau hanya untuk dikonsumsi sendiri cukup menggunakan blender.
Membuat susu kedelai sendiri jauh lebih murah jika dibandingkan anda harus membelinya. Banyaknya susu kedelai yang anda buat, bisa disimpan di kulkas ataupun di freezer dijadikan es lilin.

Selamat mencoba ya ibu-ibu atau bapaknya jangan lupa suruh praktek

No comments:

Post a Comment